Saturday, December 6, 2008

Saat Pertama Kurasakan Kau Ada (Tanda Awal Kehamilan)

Tanda-tanda awal kehamilan sering tidak begitu khas. Waktu itu kata Bunda, Papa dan Bunda sempat tidak tahu kalau Aiko sudah ada. Habisnya, tandanya nggak jelas sih.

Ok, mari kita cocokkan apa yang terjadi dengan Bunda waktu itu dengan tanda awal kehamilan di buku kedokteran:

- Ada flek darah? Tidak ada atau tidak tahu? Kalau Bunda sih tidak tahu. Ketika sel telur menempelkan dirinya ke dinding rahim, akan terjadi sedikit perdarahan. Perdarahan ini berwarna lebih terang dibandingkan warna darah menstruasi, biasanya hanya sedikit dan sebentar, sehingga sering tidak begitu diperhatikan.

- Mual pagi hari? Meskipun disebut morning sickness, serangan mual pada kehamilan muda bisa terjadi kapan saja. Bunda juga gitu, mualnya malah jarang di pagi hari. Untungnya bunda nggak sampai muntah. Kalau yang lain katanya sampai muntah-muntah. Kalau muntahnya berat harus ke dokter loh. Ohya, kata bunda rasa mualnya berkurang banget dengan permen jahe.

- Payudara/puting susu membesar? Terasa lebih penuh atau lebih berat? Wah, sayangnya tidak begitu dirasakan sama bundanya Aiko pas di awal kehamilan. Teorinya, perubahan hormon yang terjadi ketika wanita hamil akan menyebabkan kelenjar susu di payudara mulai bersiap-siap untuk memproduksi susu. Kata Bunda, terasa membesarnya pas usia kehamilan akhir bukan di awal kehamilan.

- Sakit kepala? Ya, Bunda waktu itu sering mengeluh sakit kepala. Tapi masalahnya Bunda sering sakit kepala kalau capek, kurang minum, atau kurang duit, hihihi.

- Pusing? Eh, apa sih bedanya pusing ama sakit kepala? Kalau pusing itu seperti "melayang" atau "berputar", kalau sakit kepala itu nyeri, biasanya terasa cenut-cenut.

- Gampang capek? Ah nggak juga, Bunda masih kerja kok sampe hamil 7 bulan, masih kuat nyepeda juga loh, hebat, kan? Bunda berhenti kerja juga bukan karena gampang capek, tapi karena takut terjadi apa-apa.

- Nyeri atau seperti kram perut? Yang ini sering dikira gejala maag. Jadi, bagi para calon ibu yang tiba-tiba kena serangan nyeri di perut jangan buru-buru minum obat maag, yah.

- Sensitif terhadap bau-bau tertentu. Wah, ini betul sekali, kata Bunda. Bunda waktu itu eneg banget dengan bau dapur! Yah terpaksa deh Papa yang masak. Hihi, nggak bisa ngebayangin rasanya masakannya Papa:)

- Ngidam? Betul sekali temen-temen. Kata orang sih ini bisa-bisanya wanita hamil untuk nyari perhatian dari suaminya. Tapi kata Bunda nggak dibikin-bikin kok! Waktu itu, Bunda ngidam makanan yang aneh-aneh. Kasian deh Papa, hihihi. Lagi di Jepang ngidamnya jajanan pasar...

- Sering buang air kecil? Kata Bunda sih nggak begitu di awal kehamilan.

- Tambah jarang buang air besar? Perubahan hormon yang terjadi menyebabkan pencernaan berjalan lebih lambat, jadi lebih jarang buang air besar. Tapi Bunda nggak ngalamin.

- Jadi tambah emosional? Wah, kata Papa sih enggak sama sekali. Maksudnya, hamil enggak hamil ya gitu-gitu, hihihi.

Wah, tanda awal kehamilan itu ternyata nggak begitu jelas ya? Bunda waktu itu awalnya flu, terus karena pas flu jadi malas makan, lalu mengeluh mual dan perut terasa tidak enak, jadi ya dikira maag. Jadi kesimpulannya, tanda awal kehamilan itu tidak khas, dan masing-masing mempunyai pengalaman yang tidak sama. Untuk pastinya, ya pakai tes kehamilan atau periksa ke dokter aja kalau telat menstruasi.

4 comments:

Anonymous said...

Aiko, tante minta tolong di tanyakan ke bundanya aiko dong, kalo bunda merasakan perut yg suka cenat cenut sama sebel sama suami tante (bawaannya pingin marah2 terus)di tambah rasa sakit di payudara seperti mau haid ... kira2 tante hamil ga ya (hi hi hi bunda aiko kayak dokter di tanya gitu...) abis waktunya mendekati jadwal haid tante ... jadi bingung nih, di bantu ya bundanya aiko, makasih .....

Anonymous said...

Aiko tolong tanyain mama dong...saat awal hamil..payudara mama dua2nya membesar n bengkak ya? soalnya kalo punya tante yang satunya aja...dan tanta ga merasa mual. kadang perih di perut aja...and agak pusing aja...tolong tanyain ya karena udah hampir 3 minggu tante ga datang bulan. Makasi ya Aiko...

Anonymous said...

Aiko...tante sekarng lagi ngerasain perut bawah sakit seperti mau haid, 2 minggu ini terus2an pusing2 dan mual2..
juga jadi lebih gampang cemburu sama hal hal kecil sekalipun ke suami tante..
aiko bisa tanyain ke bunda ga, apa itu termasuk tanda tante hamil??

Unknown said...

Saya telat satu minggu perut saya rasa kembung kepala saya rasa melayang tapi saya test negative...ini penyakit atau Hamil ya...